Senin, 09 Februari 2009

Pentingnya laporan Keuangan

Veronica Novriana Susanti / 15395


Pentingnuya laporan Keuangan karena Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara misalnya, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan. Disamping itu juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misalnya, informasi keuangan segemen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

Suatu laporan keuangan bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna apabila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dapat dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan. Namun demikian, perlu disadari bahwa laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi. Secara umum, laporan keuangan menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi non keuangan.

Pentingnya laporan keuangan bagi manajemen perusahaan diantaranya adalah untuk menilai sukses tidaknya manajer dalam memimpin perusahaannya yang biasanya dinilai/ diukur dengan laba yang diperoleh perusahaan tersebut. Dengan kata lain laporan keuangan diperlukan oleh manajemen perusahaan untuk menilai seberapa besar hasil-hasil yang telah dicapai, dan untuk menilai kemungkinan hasil-hasil yang akan dicapai dimasa yang akan datang sehingga bisa memprediksi bagian keuntungan yang akan diterima serta perkembangan kinerja dari perusahaan yang bersangkutan. Adapun hal yang terpenting bagi manajemen perusahaan bahwa laporan keuangan dimaksud adalah merupakan alat untuk mempertanggung jawabkan kepada para pemilik perusahaan atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

1 komentar:

  1. Iya lah penting banget untuk investor retail seperti aku buat ngeliat kinerja manajemen. Tapi ingat, akuntansi memiliki konsep akrual jadi ati2 nganalisisnya. Metode, prinsip akuntansi, dan estimasi yang disusun manajemen ada peluang dimainin.

    BalasHapus